Salam Pramuka


1.salam itu tanda penghormatan buat orang yang berbudi, siapa yg melihat duu dia menaruh salam dulu dan tdak memandang kepangkatannya pada masyarakat.
2.salam adalah suatu perwujuudan dari penghargaan terhadap orang lain atas dasar rapikan susila yang sesuai menggunakan kepribadian bangsa Indonesia.
3.tapi Salam bukan hanya berarti penghormatan,namun jua berarti mengingatkan Tri Satya serta Pancasila pada yang diberi salam ,maka setiap anggota Pramuka membicarakan salam pada semua pembimbing dan Pembina dan kepada sesama Pramuka,juga pada semua yang berhak menerimanya.
3.6.A Macam Salam Pramuka

1.  Salam penghormatan
Salam penghormatan adalah salam penghargaan yang mendalam yg disampaikan pada:
ØPramuka Utama(Bapak Presiden)
ØBendera KebangsaanMerah Putih
ØLagu Kebangsaan(pada upacara resmi)
ØPanji-Panji Pramuka (pada upacara resmi)
ØJenazah (dalam upacara pemakaman)
1.Salam Biasa

Salam biasa disampaikan pada:
ØSemua Pramuka
ØOrang Tua
ØGuru
ØPembina/Pendamping

3.6.B Menurut pelaksanaan/Penggunaan Salam

(1) Dalam keadaan berhenti

a.  Tanpa Baret

vSikap sempurna, menggunakan gerakan cepat, tangan kanan diangkat kearah pelipis kanan, siku-siku 150 serong kedepan kelima jari rapat,tapak tangan serong ke bawah dank e kiri ujung jari tengah serta telunjuk tentang pelipis.
vPergelangan tangan lurus, bahu tetap misalnya pada sikap sempurna, pandangan mata tetap tertuju kepada yg diberi salam.
vJika terselesaikan salam, maka lengan kanan dikembalikan secara cepat ke sikap paripurna.
b.Pakai Baret

vPelaksanaan sama misalnya no.(1),hanya perlu ditambah sedikit,yaitu jari tengah serta telunjuk menempel tepi bawah berdasarkan karakteristik dengan tinggi pelipis.
c.bawa tongkat Pramuka

vSikap sempurna, tongkat ditangan kanan disamping kanan badan, diangkat sedikit,tangan kiri ditekukkan ke kanan depan dada(antara dada serta perut) tangan lurus rata-homogen air ke kanan,jari-jari kedap ujung jari mengenai tongkat, pandangan lurus pada yang diberi salam.


(dua) Dalam keadaan berjalan

a. Jalan biasa

vDalam keadaan berjalan biasa, kemudian melakukan salam sinkron menggunakan petunjuk  tata cara.
vPelaksanaan salam +tiga langkah sesudahnya.
a.bawa tongkat Pramuka

vTongkat dibawa/dipegang dua tangan pada sikap membawa dimuka badan, tangan tetap memegang tongkat pada muka badan pada keadaan berjalan, menggunakan memalingkan kepala kea rah yang pada beri salam.
(3) Dalam keadaan membawa barang

vApabila membawa barang, barang yg pada bawa diletakkan/di pindahkan ke tangan kiri.serta selanjutnya membri salam sesuai dengan rapikan cara.
3. Salam Khusus Pelantikan

Apabila seseorang pramuka penggalang/penegak dilantik, maka penggalang/penegak akan mengucapkan Tri Satya sebagai sumpah atau janji. Maka dari peserta upacara menaruh penghormatan  waktu Tri Satya diucapkan.



4.salam itu tanda penghormatan buat orang yg berbudi, siapa yang melihat duu dia menaruh salam dulu serta tdak memandang kepangkatannya pada masyarakat.
5.salam merupakan suatu perwujuudan berdasarkan penghargaan terhadap orang lain atas dasar tata susila yg sinkron menggunakan kepribadian bangsa Indonesia.
6.tapi Salam bukan hanya berarti penghormatan,namun jua berarti mengingatkan Tri Satya dan Pancasila pada yang diberi salam ,maka setiap anggota Pramuka mengungkapkan salam pada seluruh pembimbing serta Pembina dan kepada sesama Pramuka,jua pada seluruh yg berhak menerimanya.
3.6.1  Salam Pramuka dilakukan dengan tertib, paripurna serta cepat. Caranya merupakan dengan gerakan yg cepat mengankat tangan kanan ke arah pelipis mata sebelah kanan, siku kanan membentuk sudut 15 derajat serta serong ke muka, kelima jari tangan kanan lurus dan rapat satu sama lain. Tapak tangan sedikit miring ke bawah dan menghadap ke kiri. Ujung jari tangan serta telunjuk mengenai pelipis mata.
Pada ketika membawa tongkat anugerah salam pramuka dilakukan menggunakan tongkat permanen pada tangan kanan kecuali dalam waktu salam hormat atau salam janji, sedangkan lengan kiri diangkat merata ke depan dada dengan punggung tangan menghadap ke atas serta ujung ibu jari kiri menempel pada tongkat. Waktu memberi salam dengan tongkat, pangkal tongkat permanen di tanah serta inheren dalam sisi sepatu sebelah kanan.
Salam Pramuka berdasarkan penggunaanya terdiri berdasarkan :
  1. Salam Biasa
Salam biasa digunakan buat memberikan salam,. Saling menghargai, menghormati dan menyayangi antar pramuka. Salam ini dipakai kepada sesama pramuka.

  1. Salam Hormat
Salam hormat digunakan buat menaruh penghormatan pada orang/tokoh  atau benda yg dipercaya terhormat. Salam ini umumnya dipakai kepada Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, tamu Negara, Kepala – ketua  Negara, Jenazah yg sedang diusung ke makam.

  1. Salam Janji
Salam Janji digunakan untuk menghormati orang yg sedang mengucapkan janji. Biasanya salam ini dipakai kepada Tri Satya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel