SALAM PRAMUKA




A.PENGERTIAN

1.Salam pramuka artinya suatu perwujudanpenghargaan yanng diberikan oleh seorang terhadap orang lain atas dasar tatsusila yang sesuai menggunakan kepribadian bangsa.
2.Salam tidak hanya berartipenghormatan namun pula mengingatkan tentang Trisatya dan pancasila kepadayang diberi salam,maka setiap anggota Gepram menyampaikan salam kepadapembimbing serta pembina dan pada seluruh anggota pramuka
3.Salam adalah suatu perwujudanikatan jiwa yang erat buat salam pramuka harus dilaksanakan dengan tertib dansempurna,sehingga tercipta semangat pramuka yg rajin,gembira.dan penuhkeikhlasan.

B.MACAM MACAM SALAM PRAMUKA

Salam pramukadigolongkan menjadi 3 macam:

1.Salam biasa

Yaitu salam yang diberikan kepadasesama anggota Pramuka. Siapa yang melihat dulu dialah yg wajib memberi salamterlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda. Salamtersebut dapat diberikan sembari berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupunkendaraan. Jadi nir harus berdiri.bertujuan buat:

·Salingmenghormati
·Mendoakankeselamatan
·Sebagaitanda kedisiplinan

2.Salam hormat

Yaitu salam yg diberikan kepadaseseorang atau sesuatu yg kedudukannya lebih tinggi.
·Untuk salamhormat diberikan kepada :
·Benderakebangsaan ketika dikibarkan atau diturunkan pada suatu upacara.
·Jenazah yangsedang lewat atau akan dimakamkan.
·KepalaNegara atau wakilnya, Panglima tinggi, para duta akbar, para menteri danpejabat lainnya.
·LaguKebangsaan Indonesia Raya.

3.Salam janji

Yaitu salamyang dilakukan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Pemberian salampramuka dilakukan ketika dilakukan pengucapan janji yaitu Tri Satya atau DasaDarma. Salam janji juga diberikan dalam saat pengucapan janji Trisatya dalamacara ulang janji menurut pelaksanaan/penggunaan salam.




C.pelaKSANAAN SALAMPRAMUKA
(1) Dalamkeadaan berhenti
a)Tanpa Baret
·Sikapsempurna, menggunakan gerakan cepat, tangan kanan diangkat kearah pelipis kanan,siku-siku 1500 serong kedepan kelima jari rapat,tapak tangan serongke bawah dank e kiri ujung jari tengah dan telunjuk tentang pelipis.
·Pergelangantangan lurus, bahu permanen misalnya pada perilaku paripurna, pandangan mata tetaptertuju pada yg diberi salam.   
·Jika selesaisalam, maka lengan kanan dikembalikan secara cepat ke sikap sempurna.
b)Pakai Baret
·Pelaksanaansama seperti no.(1),hanya perlu ditambah sedikit,yaitu jari tengah dan telunjukmenempel tepi bawah dari ciri setinggi pelipis.
c)Bawa Tongkat Pramuka
·Sikap sempurna,tongkat ditangan kanan disamping kanan badan, diangkat sedikit,tangan kiriditekukkan ke kanan depan dada(antara dada serta perut) tangan lurus rata-rataair ke kanan,jari-jari rapat ujung jari tentang tongkat, pandangan luruskepada yang diberi salam.

(2) Dalamkeadaan berjalan
a.Jalan Biasa
·Dalamkeadaan berjalan biasa, kemudian melakukan salam sesuai menggunakan petunjuk rapikan cara.
· Pelaksanaansalam 3 langkah sesudahnya.

b.Bawa Tongkat Pramuka
·Tongkatdibawa/dipegang 2 tangan dalam perilaku membawa dimuka badan, tangan tetapmemegang tongkat pada muka badan pada keadaan berjalan, dengan memalingkankepala kea rah yg di beri salam.

(3) Dalamkeadaan membawa barang
·Apabilamembawa barang, barang yg pada bawa diletakkan/pada pindahkan ke tangan kiri.danselanjutnya membri salam sesuai dengan tata cara.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel