Sekilas Tentang KMD dan KML


Salam Pramuka!
Salah satu jenjang pendidikan serta pembinaan dalam Gerakan Pramuka bagi anggota dewasa merupakan Kursus Mahir bagi para Pembina. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu: Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) serta Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

KMD diperuntukkan bagi para Pembina Gugusdepan atau Calon Pembina Gugusdepan, Anggota Mabi, Andalan Kwartir, serta Orang Dewasa lainnya yang telah atau pernah sebagai anggota Pramuka baik Siaga, Penggalang, maupun Penegak/Pandega serta mempunyai kemauan untuk menjadi seorang Pembina Pramuka.
Setiap lulusan KMD harus melaksanakan masa pengembangan yg dianggap Narakarya I. Pada termin ini lulusan KMD wajib mempraktekkan apa yg sudah didapatkan dari KMD dalam Gugusdepannya didampingi sang Pelatih Pembina. Masa Narakarya I ini minimal dilaksanakan selama 6 bulan serta bagi Pembina yang sudah melaksanakan masa pengembangan ini berhak mendapatkan Surat Hak Bina (SHB) dan bisa mengikuti jenjang Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML).
Pada jenjang KML, lulusan KMD akan memilih spesialisasi yakni Pembina Siaga, Pembina Penggalang, Pembina Penegak, atau Pembina Pandega. Lulusan KML jua wajib melakukan masa pemantapan yang diklaim Narakarya II. Pada tahap ini seseorang Pembina melakukan pemantapan pada satuan yg sebagai binaannya minimal 6 bulan dan didampingi oleh Pelatih Pembina. Setelah melaksanakan Narakarya II Pembina bisa dikukuhkan menjadi Pembina Mahir oleh Pusdiklacab serta mengenakan Selendang Mahir dan Pita Mahir sinkron dengan golongannya yaitu Mahir Siaga, Mahir Penggalang, Mahir Penegak, atau Mahir Pandega.
KMD dan KML dilaksanakan sang Pusdiklacab serta ke 2 strata Kursus Pembina ini adalah dua jenjang yang saling berkesinambungan serta melengkapi.

Sekian sekilas mengenai alur KMD dan KML bagi para Pembina Pramuka.
Salam Damai!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel