TANDA PENGHARGAAN TIGOR DAN TISKA

Tanda Penghargaan Tigor dan Tiska
Tanda penghargaan digunakan sang Gerakan Pramuka sebagai alat pendidikan, yaitu menggunakan memberi Tanda Kehormatan, yg dibutuhkan bisa memberi dorongan pada seseorang buat menaikkan kepribadiannya, prestasi kerjanya, serta pengabdianya, serta memberi tanggungjawab yg herbi pemberian indikasi kehormatan itu.
Pada Peserta Didik diberikan Tanda penghargaan kegiatan, yaitu pertanda kehormatan yg diberikan pada seorang Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega) yang sudah menampakan keaktifannya dan mencapai prestasi yg baik dalam suatu aktivitas kepramukaan. Tanda Penghargaan dimaksud dalam pembahasan disini yakni,  Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska) serta Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong (Tigor).

Syarat Penerima Tanda Penghargaan Kegiatan
a. Tanda Penghargaan Kegiatan menyatakan penghargaan Gerakan Pramuka pada seorang Pramuka yang telah berprestasi baik pada suatu kegiatan kepramukaan.
b. Seorang Pramuka (Siaga, Penggalng, Penegak serta Pandega) bisa menerima serta mengenakan Tanda Penghargaan Kegiatan ( Tiska )jika yang bersangkutan sudah memenuhi kondisi sebagai berikut:
1) Telah memenuhi sarat-kondisi yang ditentukan Panitya Penyelenggara, buat mengikuti acara kegiatan kepramukaan yg diselenggarakan oleh Panitia penyelenggara.
2) Telah menunaikan tugas kewajibannya, melakukan aktivitas kepramukaan yg diikutinya, menggunakan penuh rasa tanggungjawab, kesungguhan, keuletan, ketekunan serta ketelitian, sehingga mencapai prestasi yg baik, sinkron menggunakan ketentuan penyelenggara kegiatan tadi.
c. Salah satu Tanda Penghargaan Kegiatan yang berbentuk Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong ( Tigor ) diberikan setelah yg bersangkutan aktif melakukan kegiatan dalam Perkemahan Wirakarya.
Sebenarnya sinkron menggunakan aturannya, tatacara pengusulan untuk mendapat Tanda Penghargaan Kegiatan dilakukan Pembina Pramuka ybs melalui Panitia Penyelenggara Kegiatan, namun demikian buat mempermudah prosesnya umumnya Panitia Penyelenggara sudah mengemas pemberian pertanda penghargaan tadi sekaligus ke pada satu kegiatan. Penyerahan Tanda Penghargaan Kegiatan ditentukan oleh kwartir penyelenggara aktivitas. Setelah aktivitas terselesaikan selain diberikan berupa Tanda Penghargaan, juga diserahkan surat liputan ( berbentuk piagam ) bagi penerima/ pemegang yang berhak.
Pemberian, penganugerahan serta penyerahan Tanda Kehormatan pada kepada siswa dapat dilimpahkan kepada Panitia Penyelenggara atau Pembina Pramuka yang bersangkutan.
Bentuk serta Ukuran Tanda Penghargaan Kegiatan
a. Tanda penghargaan aktivitas yg dibuat dari logam dengan gambar timbul (relief) logo aktivitas, digantungkan pada pita kain berukuran tiga centimeter x 2,lima centimeter, sesuai menggunakan ukuran indikasi penghargaan itu.
b. Tanda penghargaan kegiatan dapat pula dibuat berdasarkan kain atau bahan lainnya.
c.tanda harian dibentuk menurut kain berbentuk segi empat ukuran tiga,5 centimeter x 1 cm, menggunakan warna dasar sinkron golongannya serta tulisan kegiatan berwarna perak.
d. Bentuk, bahan, ukuran, gambar, dan warna indikasi penghargaan kegiatan dipengaruhi serta diputuskan sang kwartir penyelenggara aktivitas.
 CONTOH TANDA HARIAN

CONTOH TANDA PENGHARGAAN KEGIATAN
 
Penggunaan Tiska serta Tigor.
Tanda penghargaan aktivitas dipakai pada atas saku kanan baju seragam putra pada atas tanda WOSM serta buat seragam putri menyesuaikan. Jika yang bersangkutan mengenakan bintang tahunan maka pertanda penghargaan kegiatan dipakai pada atas bintang tahunan.
Tanda Penghargaan Kegiatan ( Tiska ) dan Tanda ikut dan aktivitas bakti gotong royong ( TIGOR ) hanya berlaku dan dapat dikenakan dalam pakaian seragam Pramuka selama maksimum enam bulan semenjak ketika diserahkannya indikasi tadi pada yg bersangkutan ( Jukran No. 175 Tahun 2012 ).
Tanda Penghargaan yang diberikan pada peserta didik selain menanamkan kebanggaan dalam yang berangkutan, juga diperlukan bisa mendorong si penerima buat menaikkan kehormatan pribadinya serta keteladanan dalam Gerakan Pramuka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel