ZUHRI INDONESIA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP/MTS NOMOR 10 POLA PENGEMBANGAN CERITA
Monday, July 12, 2021
Edit
10. Bacalah ke 2 kutipan cerita berikut!
Kutipan I
Kutipan II
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan saya sendiri…!”
“Kamu jangan gila, ini tengah malam, engkau mau naik apa? Apakah engkau akan berjalan kaki sampai kos?”
Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit…
Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira 1/2 jam kemudian dia nampak misalnya astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, serta handuk kecil sebagai busana resminya. Jam 1/2 enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran pada Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min baru nongkrong pada pangkalan ojek sampai sore.
Perbedaan pola pengembangan keduakutipan cerita tadi merupakan dimulai dengan….
Kutipan I
Kutipan II
A
latar cerita
aksi tokoh
B
aksi tokoh
masalah yg harus diselesaikan
C
garis akbar cerita
aksi tokoh
D
aksi tokoh
garis akbar cerita
Kunci jawaban: D
Pembahasan
Perbedaan pola pengembangan keduakutipan cerita tersebut adalah teks I dimulai dengan aksi tokoh, sedangkan teksII dimulai dengan garis akbar cerita. Aksi tokoh pada teks I yaitu terusberjalan kaki di tengah malam sambil berderai air mata. Garis besar cerita padateks II ditandai dengan peristiwa dan keterangan waktu yang berurutan, yaitu jam 5, setengah enam, dan sekitar jam 9.
Ringkasan MateriMembandingkanIsi, Pola Penyajian, dan Bahasa Karya Sastra (Berdasarkan Gaya, Tema, Unsur)
Karya sastra dapat dibandingkanisi, polapenyajian, dan bahasanyaberdasarkan daya, tema, dan unsur. Karya sastra berupa novel dapatdibandingkan menggunakan cerpen.
Novel adalah cerita mengisahkankonflik pelaku sehingga terjadi perubahan nasib tokoh. Unsur intrinsik novelsama menggunakan unsur instrinsik cerpen. Perbedaan terletak pada alur kompleksnovel.
Setiap novel mempunyai karakteristikatau ciri tersendiri. Karakteristik novel dapat diketahui menurut gaya kepenulisanpengarang serta "suara zaman". Karakteristik gaya kepenulisan pengarangdapat diketahui dari gaya bahasa yang digunakan novel Angkatan 20-an (BalaiPustaka), Angkatan 30-an (Pujangga Baru), serta novel-novel modern. NovelAngkatan 20-an misalnya Sitti Nurbaya masih menyisipkan perumpamaan klise danpepatah. Novel Angkatan 30-an misalnya Layar Terkembang tidak menggunakanperumpamaan klise serta pepatah. Sementara itu, gaya kepenulisan pengarang novelmodern lebih bebas dan memakai bahasa Indonesia, bukan bahasa Melayu,
Karakteristik "suarazaman" dapat diketahui menurut periode angkatan novel tadi ditulis.novel-novel yg diterbitkan pada periode Angkatan 20-an pada antaranya adalahAzab serta Sengsara, Sitti Nurbaya, La - Hami, dan Di Bawah Lindungan Kaabah.novel Angkatan 20-an mempunyai ciri menjadi berikut.
1. Lsi novel menggambarkanpertentangan paham antara kaum tua dan kaum belia.
2. Lsi novel menampilkan persoalankawin paksa.
3. Isi novel menggambarkan jiwakebangsaan belum maju.
4. Gaya bahasa pada novel lebihsering meng-pakai syair, pantun, serta pepatah.
Novel Angkataa 30-anmemiliki karakteristik sebagaiberikut.
1.pengarang lebih bebas memilih nasib karya sastranya sendiri.
2.isi novel menampilkan problem yang dihadapi rnasyarakat kota,
3. Novel Angkatan 30-anmenggambarkan cara menggunakan kebebasan danfungsi kebebasan dalam warga .
4, Novel Angkatan 30-an nir menggunakan pepatah. Bahasa dalam novel lebih tak jarang menggunakan ungkapan.
Novel-novelmodern mempunyai ciri sebagai berikut.
1.Gayabahasa lebih lugas.
2.Aluryang digunakan biasanya alur adonan.
3.Amanattidak secara eksklusif disampaikan oleh pengarang.
4.Temayang digunakan lebih luas.
Adapuncerpen mempunyai karakteristik berikut.
1.Strukturceritanya pendek sebagai akibatnya dapat dibaca dalamsekali duduk (1/2 hingga dua jam).
2.Alurdalam cerpen pada umumnya tunggal, hanya satu urutan insiden yang diikuti hingga peristiwa berakhir.
3.Temadalam cerpen hanya satu.
4.Tokoh-tokohdalam cerpen diceritakan terbatas (singkat, tidak lebih jelasnya).
5.Latar pada cerpen nir memerlukan detail-detail spesifik, contohnya menyangkut keadaan tempat dan sosial. Cerpen hanya memerlukanpelukisan latar secara garis besar atau secara implisit.
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUNPELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG Sekolah Menengah pertama/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah pertama/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa.html
2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro serta Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
3. Pernyataan yg Sesuai Isi Teks Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-smp-tahun-pelajaran.html
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_30.html
5. Ide Pokok Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_24.html
6. Kalimat Utama Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_1.html
8. Ringkasan Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_89.html
9. Perbandingan Penggunaan BahasaDua Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_49.html
10. Pola Pengembangan Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_43.html