RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 2 KD 3.14 DAN 4.14 BUKU PENGAYAAN


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :Sekolah Menengah Atas ……
Mata Pelajaran : BahasaIndonesia
Kelas/Semester : XII/Genap
Materi Pokok : Nilai-nilai pada kitab pengayaan (nonfiksi) serta bukudrama (fiksi)
Alokasi Waktu : 2Minggu x 4Jam Pelajaran @45Menit

A.Kompetensi Inti

·KI-: Menghayatidan mengamalkan ajaran agama yg dianutnya.

·KI-dua:Menghayati serta mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, serta pro-aktifdalam berinteraksi secara efektif sinkron menggunakan perkembangan anak dilingkungan, famili, sekolah, masyarakat serta lingkungan alam lebih kurang, bangsa,negara, kawasan regional, dan daerah internasional”.

·KI 3:Memahami,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, danmetakognitif menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural dalam bidang kajian yg spesifik sesuaidengan talenta dan minatnya buat memecahkan masalah

·KI4:Mengolah,menalar, dan menyaji dalam ranah nyata dan ranah tak berbentuk terkait denganpengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindaksecara efektif serta kreatif, dan mampu memakai metode sinkron kaidahkeilmuan


B.KompetensiDasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yg masih ada pada sebuah buku pengayaan (nonfiksi) serta satu buku drama (fiksi)
·Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat pada sebuah buku pengayaan
·Mengidentifikasi nilai-nilai yg masih ada dalam sebuah buku drama
4.14 Menulis refleksi mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu kitab drama (fiksi)
·Menyusun laporan yg berisi refleksi nilai-nilai pada kehidupan konkret menurut kitab fiksi/nonfiksi yang dibaca.
·Mempresentasikanlaporan kitab yang ditulisnya


C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran denganpendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaranpenemuan (Discovery Learning),pesertadidik bisa mengidentifikasi nilai-nilaiyang terdapat dalam sebuah kitab pengayaan, mengidentifikasi nilai-nilai yangterdapat pada sebuah kitab drama, menyusun laporan yg berisi refleksinilai-nilai dalam kehidupan konkret berdasarkan buku fiksi/nonfiksi yang dibaca, mempresentasikanlaporanbuku yang ditulisnya menggunakan rasa ingin memahami, kerjakeras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama prosespembelajaran.

D.MateriPembelajaran

·Nilai-nilai yangterdapat pada buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)

·Laporan hasilpembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)

E.MetodePembelajaran

ModelPembelajaran : DiscoveryLearning

Metode: Tanya jawab, wawancara, diskusi serta bermain peran


F.MediaPembelajaran

Media :

·Worksheet ataulembar kerja (anak didik)

·Lembar penilaian

·LCD Proyektor


Alat/Bahan :

·Penggaris,spidol, papan tulis

·Laptop &infocus


G.SumberBelajar

1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata PelajaranBahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

2. Suherli, dkk. 2018. BukuSiswa Bahasa Indonesia Kelas XII RevisiTahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3. Suherli, dkk. BukuGuru Bahasa Indonesia Kelas XII RevisiTahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

H.Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
vMelakukan pembukaan menggunakan salam pembuka, memanjatkan syukur pada Tuhan YME dan berdoauntukmemulai pembelajaran
vMemeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
vMenyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/aktivitas sebelumnya
vMengingatkan pulang materi prasyarat menggunakan bertanya.
vMengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
vMemberikan citra mengenai manfaat menilik pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
vApabila materitema/projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
vMenyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
vMengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
vMemberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam pertemuan ketika itu. @aminyusuf
vMemberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
vPembagian grup belajar
vMenjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) dengan cara :
vMelihat (tanpa atau menggunakan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yg relevan.
vMengamati
ØLembar kerja materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
ØPemberian model-model materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) untuk dapat dikembangkan peserta didik, menurut media interaktif, dsb
vMembaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan pada rumah serta di sekolah menggunakan membaca materi dari kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
vMenulis
Menulis resume menurut output pengamatan serta bacaan terkait Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
vMendengar
Pemberian materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) oleh guru.
vMenyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global tentang bahan ajar mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari kabar.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yang disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
vMengajukan pertanyaan mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
yang nir dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima berita tambahan mengenai apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat membuatkan kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yang relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui aktivitas:
vMengamati obyek/kejadian
Mengamati menggunakan akurat materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan serta mencoba menginterprestasikannya.
vMembaca asal lain selain kitab teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam referensi dari berbagai asal guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
vAktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berdasarkan kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
vWawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang telah disusun pada daftar pertanyaan pada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
vMendiskusikan
Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas contoh pada kitab paket tentang materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
vMengumpulkan informasi
Mencatat semua fakta mengenai materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang sudah diperoleh dalam kitab catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sahih.
vMempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) sesuai dengan pemahamannya.
vSaling tukar liputan tentang materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
dengan ditanggapi aktif sang siswa berdasarkan gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok lalu, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat dalam kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar kerja yg disediakan dengan cermat buat berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui aneka macam cara yg dipelajari, berbagi kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
vBerdiskusi mengenai data berdasarkan Materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
vMengolah informasi berdasarkan materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang sudah dikumpulkan menurut hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
vPeserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi output pengamatannya dengan data-data atau teori dalam buku asal melalui aktivitas :
vMenambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan berita yg bersifat mencari solusi berdasarkan aneka macam sumber yg memiliki pendapat yang tidak sinkron sampai kepada yg bertentangan untuk membuatkan perilaku jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme serta kepandaian induktif dan deduktif pada menerangkan mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
vMenyampaikan hasil diskusitentang materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) berupa kesimpulan menurut output analisis secara mulut, tertulis, atau media lainnya buat berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, membicarakan pendapat menggunakan sopan.
vMempresentasikan output diskusi grup secara klasikal mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
vMengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) dan ditanggapi oleh grup yg mempresentasikan.
vBertanya atas presentasi tentang materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
vMenyimpulkan mengenai point-point penting yg timbul dalam aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan output pengamatan secara tertulis mengenai materi :
ØNilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi)
vMenjawab pertanyaan mengenai materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang terdapat dalam kitab pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
vBertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada murid berkaitan dengan materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang akan terselesaikan dipelajari
vMenyelesaikan uji kompetensi buat materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar.
Catatan : Selama pembelajaran Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) berlangsung, guru mengamati sikap siswa pada pembelajaran yg meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi kasus tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru mengenai point-point krusial yg ada pada kegiatan pembelajaran mengenai materi Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang baru dilakukan.
vMengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) yang baru diselesaikan.
vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
vMemeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat bahan ajar Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
vPeserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja menggunakan sahih diberi paraf serta diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dalam materi pelajaran Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi).
vMemberikan penghargaan buat materi pelajaran Nilai-nilai yang masih ada pada buku pengayaan (nonfiksi) serta kitab drama (fiksi) kepada grup yg memiliki kinerja serta kerjasama yg baik.

2 . Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
vMelakukan pembukaan menggunakan salam pembuka, memanjatkan syukur pada Tuhan YME dan berdoauntukmemulai pembelajaran
vMemeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
vMenyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/aktivitas sebelumnya
vMengingatkan pulang materi prasyarat menggunakan bertanya.
vMengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
vMemberikan citra mengenai manfaat menilik pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
vApabila materitema/projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
vMenyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
vMengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
vMemberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
vMemberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
vPembagian grup belajar
vMenjelaskan prosedur aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dengan cara :
vMelihat (tanpa atau menggunakan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yg relevan.
vMengamati
ØLembar kerja materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
ØPemberian model-model materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) untuk dapat dikembangkan peserta didik, menurut media interaktif, dsb
vMembaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan pada rumah serta di sekolah menggunakan membaca materi dari kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
vMenulis
Menulis resume menurut output pengamatan serta bacaan terkait Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
vMendengar
Pemberian materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) oleh guru.
vMenyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global tentang bahan ajar mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari kabar.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yang disajikan serta akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
vMengajukan pertanyaan mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
yang nir dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima berita tambahan mengenai apa yg diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat membuatkan kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yang relevan buat menjawab pertanyan yg telah diidentifikasi melalui aktivitas:
vMengamati obyek/kejadian
Mengamati menggunakan akurat materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan serta mencoba menginterprestasikannya.
vMembaca asal lain selain kitab teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam referensi dari berbagai asal guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
vAktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berdasarkan kegiatan mengmati serta membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
vWawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang telah disusun pada daftar pertanyaan pada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
vMendiskusikan
Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas contoh pada kitab paket tentang materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
vMengumpulkan informasi
Mencatat semua fakta mengenai materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah diperoleh dalam kitab catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sahih.
vMempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) sesuai dengan pemahamannya.
vSaling tukar liputan tentang materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
dengan ditanggapi aktif sang siswa berdasarkan gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan menjadi bahan diskusi kelompok lalu, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat dalam kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar kerja yg disediakan dengan cermat buat berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui aneka macam cara yg dipelajari, berbagi kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
vBerdiskusi mengenai data berdasarkan Materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
vMengolah informasi berdasarkan materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah dikumpulkan menurut hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan warta yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
vPeserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi output pengamatannya dengan data-data atau teori dalam buku asal melalui aktivitas :
vMenambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan berita yg bersifat mencari solusi berdasarkan aneka macam sumber yg memiliki pendapat yang tidak sinkron sampai kepada yg bertentangan untuk membuatkan perilaku jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme serta kepandaian induktif dan deduktif pada menerangkan mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang sudah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
vMenyampaikan hasil diskusitentang materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berupa kesimpulan menurut output analisis secara mulut, tertulis, atau media lainnya buat berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, membicarakan pendapat menggunakan sopan.
vMempresentasikan output diskusi grup secara klasikal mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
vMengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dan ditanggapi oleh grup yg mempresentasikan.
vBertanya atas presentasi tentang materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang dilakukan serta peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
vMenyimpulkan mengenai point-point penting yg timbul dalam aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan output pengamatan secara tertulis mengenai materi :
ØLaporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
vMenjawab pertanyaan mengenai materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang terdapat dalam kitab pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
vBertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada murid berkaitan dengan materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang akan terselesaikan dipelajari
vMenyelesaikan uji kompetensi buat materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar.
Catatan : Selama pembelajaran Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berlangsung, guru mengamati sikap siswa pada pembelajaran yg meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, andal menghadapi kasus tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru mengenai point-point krusial yg ada pada kegiatan pembelajaran mengenai materi Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang baru dilakukan.
vMengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang baru diselesaikan.
vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
vMemeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat bahan ajar Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
vPeserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja menggunakan sahih diberi paraf serta diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dalam materi pelajaran Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
vMemberikan penghargaan buat materi pelajaran Laporan hasil pembacaan kitab pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) kepada grup yg memiliki kinerja serta kerjasama yg baik.


I.PenilaianHasil Pembelajaran

1.Teknik Penilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi berdasarkan pengamatan perilaku dan perilaku peserta didik sehari-hari,baik terkait pada proses pembelajaran juga secara generik. Pengamatan langsungdilakukan sang pengajar. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Amin
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan :

1.aspek perilaku dinilai menggunakan kriteria:

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Cukup

25= Kurang

2.skor aporisma = jumlah perilaku yg dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

5.format pada atas dapat diubah sesuai menggunakan aspekperilaku yang ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya pusat pembelajaran berdasarkan guru pada peserta didik, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.namun supaya evaluasi permanen bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan menurut evaluasi diri ini, menentukan kompetensi yg akandinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan dipakai, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh formatpenilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, aku ikut dan mengusulkan wangsit/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota menerima kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan pada membuat konklusi hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa pula dipakai untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan


-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan menggunakan meminta peserta didik buat menilai temannya sendiri. Samahalnya menggunakan penilaian hendaknya pengajar sudah menyebutkan maksud dan tujuanpenilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya.berikut Contoh format penilaian sahabat sebaya:

Namayang diamati : ...

Pengamat: …

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap konflik.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota gerombolan .

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01– 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01– 75,00= Baik (B)

25,01– 50,00 = Cukup (C)

00,00–25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atauDialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yang masih ada dalam kitab peserta didik

b.peserta didikmemnta pertanda tangan orangtua menjadi bukti bahwa mereka sudah mengerjakan tugasrumah dengan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban berdasarkan tugas rumah yang sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen evaluasi unjuk kerja dapat dipandang pada instrumen penilaian ujianketerampilan berbicara menjadi berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan rapikan bahasa




4
Pelafalan





Kriteriapenilaian (skor)

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Kurang Baik

25= Tidak Baik

Cara mencari nilai (N)= Jumalah skor yang diperoleh murid dibagi jumlah skor maksimal dikali skorideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan:

100= Sangat Baik

75= Baik

50= Kurang Baik

25= Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang telah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.Instrumen Penilaian (terlampir)

a.Pertemuan Pertama

b.Pertemuan Kedua

c.Pertemuan Ketiga

3.Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka pengajar bisa memberikan soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskan mengenai Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskan mengenai Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara RepublikIndonesia serta Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraanpemerintahan!

CONTOH PROGRAMREMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yg Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar permanen rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pengajar menaruh soalpengayaan sebagai berikut :

1)Membaca buku-kitab mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)Mencari warta secara online mengenai Nilai-nilaiPancasila pada kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat liputan, majalah, serta liputan onlinetentang Nilai-nilai Pancasila pada kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati langsung mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg terdapat dilingkungan lebih kurang.

Mengetahui, ………….., ……………

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran



…………………..…………………………

UNDUH FILE WORD RPP BUKU PENGAYAAN KLIK //drive.google.com/open?Id=1F3FwIrzVEGjkq6MfNs4_ebdn76wL3HFR

BACA DAN UNDUH RPP KELAS XII SMA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASAINDONESIA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI


RPP Kuriikulum 2013 edisi revisi dilengkapi lampiran materidan penilaian, berorientasi HOTS, menyebarkan 4C, Literasi, PPK



3. RPP TEKS KRITIK DAN ESAI KD 3.12, 4.12, 3.13, DAN 4.13KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel